Penyebab Mata Panda dan Cara Menghilangkan Mata Panda

Penyebab Mata Panda. Sahabat Sehat faktor Penyebab terjadinya atau timbilnya mata kita spt panda, pada umumnya terjadi karena kurang tidur, bertambah usia, mata yang lelah karena aktifitas berat, stress atau faktor keturunan. Jika sudah menjaga pola tidur dengan benar namun kantung dan mata panda masih sulit untuk dihilangkan, dan berkepanjangan, maka sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk mendiskusikan kemungkinan penyebabnya.

Penyebab Mata Panda
 Cara Menghilangkan Mata Panda 

Penyebab kantung mata dan lingkaran hitam (mata panda)

Mari sekarang kita bahas lebih rinci apa saja yang menjadi penyebab kantung mata dan mata panda.
  • Keturunan – Faktor warisan dari orang tuanya. Tapi bukan berarti kita tidak bisa melakukan sesuatu untuk mengilangkan mata panda dan kantong mata. Tapi anda juga harus siap untuk tidak terlalu berhasil ketika mencoba untuk menyingkirkan mereka.
  • Pertambahan usia – Pada umumnya, pertambahan usia menjadi penyebab utama timbulnya mata panda dan kantong mata. Ketika umur bertambah, kulit kehilangan cadangan kolagen dan lemak sehingga rongga mata bagian bawah akan terlihat cekung. Sehingga pembuluh darah di bawah mata menjadi semakin jelas terlihat dan memicu timbulnya warna gelap dan kantong mata.
  • Alergi – Alergi tertentu dapat menyebabkan bertambahnya aliran darah ke daerah sinus. Bahkan bisa muncul sejak usia anak-anak. Biasanya alergi kulit ini menyebabkan gatal di sekitar mata, yang bila digaruk maka akan menyebabkan kulit menjadi gelap sebagai mekanisme perlindungan tubuh.
  • Kurang tidur – Jika Anda sudah berada di bawah banyak stres, atau Anda menderita insomnia atau apnea tidur, kulit Anda akan mencerminkan kurangnya Anda tidur.
  • Menangis – Teralu sering dan lama menangis akan menyebabkan cairan terperangkap di bagian bawah mata.
  • Hidung tersumbat – hidung tersumbat dapat menyebabkan lingkaran hitam di bawah mata karena pembuluh dan jaringan darah di bagian hidung membesar karena cairan sehingga, menyebakan urat darah halus dibawah mata menjadi gelap.
  • Penyimpangan pigmentasi – Kelebihan pigmentasi bisa menjadi penyebab timbulnya lingkaran hitam di bawah mata. Apabila ketika ditekan warna hitamnya tidak hilang, mungkin ada yang tidak beres dengan kondisi pigmennya.
  • Dehidrasi - Kekurangan cairan akan menyebabkan gangguan sirkulasi darah, yang secara signifikan dapat mempengaruhi pembuluh darah di bawah mata. Akhirnya, kantung dan mata panda mulai muncul di bawah mata Anda.
  • Paparan sinar matahari – Walaupun bukan merupakan faktor terpenting yang menyebabkan lingkaran hitam, namun aktifitas di ruangan yang terlalu lama di bawah paparan sinar ultra violet dapat meningkatkan produksi melanin.
  • Gaya Hidup – Gaya hidup yang tidak sehat, asupan gizi yang kurang, minuman beralkohol, minum kopi, merokok, dan kurang olahraga semua bisa menimbulkan pelebaran pembuluh darah dan perubahan warna di bawah mata.
Khusus untuk ibu hamil atau ketika menstruasi, kulit akan lebih pucat karena kekurangan zat besi. Akibatnya pembuluh darah akan lebih terlihat dari permukaan kulit, dan bisa saja disalah artikan sebagai lingkaran hitam. Untuk mengatasinya konsumsilah sayuran hijau (misalnya bayam), daging, unggas, ikan, kacang-kacangan, roti gandum dan pasta yang diperkaya zat besi.

Salah satu tips untuk menghilangkan lingkaran hitam pada mata yang biasa disebut dengan mata panda ini adalah dengan istirahat yang cukup, yaitu biasakan tidur selama delapan jam sehari. Selain dapat mencegah lingkaran hitam pada mata, kebiasan ini bisa membuat tubuh anda selalu fit.

Soba memiliki kantung mata ! memang kantung mata tidak memang tidak memberi efek dalam penglihatan namun kantung mata bisa mengurangi penampilan anda sebab kantung mata membuat anda terlihat kurang cantik dan terkesan suka begadang .
Tapi sobat jangan kwatir disini kami membuat artikel buan anda selingan obat sakit mata . 

Cara Menghilangkan Mata Panda dan Kantung Mata 
Seminggu ? iya jika kamu menggunkan dengan rutin namun jika gagal dalam semunggu ulangi munkin kantung mata anda sudah cukup lama sehingga pengobatannya juga butuh lama .

 Apa Mata Panda Itu ?

Seperti namanya mata panda adalah adanya lingkar hitam disekitar mata (Pokoknya kayak panda). Selain itu juga bisa dikatakan sebagai kantung mata disekitar mata. Kalau kantung mata terjadi karena adanya sumbatan pada sirkulasi darah disekitar mata. Sehingga terlihat seperti kantung mata anda berisi air.

Penyebab Mata Panda dan Kantung Mata
  • Biasanya penyebab utama masalah diatas karena anda kurang tidur atau Tidak dapat tidur dengan nyaman dan nyenyak
  • Akibat Menangis entah itu karena galau atau apapun
  • Terlalu banyak tidur juga bisa menyebabkan kantung mata
  • Faktor genetik atau faktor keturunan, biasanya ada sebagian orang yang memang memiliki kantung mata dan mata panda sejak ia lahir karena diturunkan oeleh kedua orang tuanya
  • Pertambahan usia, semakin tua maka lingkar mata hitam kita semakin terlihat, apalagi kantung mata itu pasti akan semakin jelas karena kulit akan mengendur
  • Bisa juga disebabkan oleh alergi, dan pada saat anda merasa gatal anda menggaruknya sehingga membuat sekitar mata menjadi hitam
  • Kurang Minum
  • Flu, pilek pokoknya gangguan dihidung
  • Adanya ketidak normalan pada pigmentasi kulit, sehingga kulit disekitar mata menghitam
  • Terkena sinar matahari
  • Terlalu sering merokok, meminum alkohol atau melakukan berbagai macam pola hidup yang tidak sehat
  • Kekurangan zat besi contohnya saja wanita yang sedang menstruasi atau hamil kulitnya akan terlihat lebih pucat karena kekurangan zat besi. Sehingga membuat lingkar mata terlihat lebih jelas
  • Kelelahan karena aktifitas yang padat entah itu dirumah dikantor sehingga kulit sekitar matapun ikut menegang karena stress

Setelah mengetahui faktor yang dapat menyebabkan mata panda sekarang kita bisa langsung ke Cara Menghilangkan Mata Panda Secara Alami.

Cara Menghilangkan Mata Panda yang paling efektif
Lakukanlah cara dibawah ini tiapa hari satu saja namun rutin , jika tinggal sehari maka ulangi lagi hitungannya misalnya sudah 5 hari tinggal sekali maka lakukan dari awal lagi . yuk kita ligat cara hilangkan mata panda .

1. Kompres mata dengan sendok
Mungkin melakukan kompres mata dengan sendok ini sebelumnya belum pernah terfikir dalam benak kamu. Tapi inilah kenyataannya hehe, ternyata sendok juga ampuh untuk menghilangkan kantung mata. wah mimin becanda ya? nggak kok mimin serius, kamu bisa mengurangi lingkaran hitam di mata dengan menggunakan sendok.

Cara mengobati kantung mata dengan sendok :
  1. Masukan 5-10 sendok kedalam lemari es
  2. Tunggu hingga sendok benar-benar dingin
  3. Kemudian tempelkan bagian sendok yang melengkung pada area kantung mata
  4. Lakukan selama 10-15 menit
Selain itu, beberapa waktu lalu, suatu penelitian yang dilakukan di thailand menyebutkan bahwa, terlalu banyak begadang juga bisa menyebabkan kanker hati. hm,. serem banget ya sis, makda dari itu, mulai saat ini, kita harus mengurangi bahkan stop untuk tidur terlalu malam. Karena orang yang sering tidur terlalu malam / begadang, biasanya akan mudah lelah.

2. Kompres mata dengan es batu
Tips ampuh untuk mengobati kantung mata selanjutnya yaitu dengan mengopres mata dengan es batu. Nah, jika kamu sudah terlanjur tidur terlalu malam, untuk mencegah timbulnya kantung mata, kamu bisa mengopres mata dengan es batu agar kantung mata sedikit tersamarkan. Lakukan selama kurang lebih 10 menit. Oh iya, cara ini juga biasa dilakukan oleh tim petinju saat jeda pertandingan yang tujuannya untuk mengurangi luka lebam diwajah. So, kamu juga bisa coba cara ini di rumah.

cara kompres mata dengan es batu :
  1. bungkus es batu dengan kain atau handuk, (gunakan kain bertekstur lembut )
  2. lalu tempelkan di bagian kantung mata
  3. atau bisa juga :
  4. masukan es batu kedalam wadah / apa aja
  5. kemudian masukan kain / handuk kedalam air es
  6. lalu kompreskan pada area dimana kantung mata berada
  7. lakukan langkah ini selama -+ 10 menit.
3. Kompres mata dengan bekas teh celup
Menggunakan bekas teh celup untuk mengopres mata sudah sejak lama dipercara dapat menatasi jerawat dan komedo di wajah. Namun tidak hanya itu, ternyata teh celup tersebut juga bisa digunakan untuk menghilangkan mata panda dan mengurangi pembekakan mata. Karena didalam teh terkandung suatu zat bernama tannin yaitu suatu senyawa polifenol yang berasal dari tumbuhan, memiliki rasa pahit salah satunya adalah teh. Tanin dapat bermanfaat untuk membentuk kepadatanm kelenturan dan menjaga kulit dari serangan bakteri yang dapat menimbulkankerusakan pada kulit

Cara Menghilangkan Mata Panda dengan bekas teh celup :
  1. Sediakan 2 buah bekas teh celup
  2. rendam dengan air dingin
  3. kompreskan pada mata selama 10 hingga 15 menit
  4. lakukan langkah ini secara rutin setiap sebelum dan sesudah tidur

4. Kompres mata dengan Mentimun
Selain dengan menggunakan cara yang sudah disebutkan diatas, kita juga dapat menyembuhkan mata panda dengan cara mengopres mata dengan buah atau jus mentimun. Dalam mentimun terkandung asam askorbat, vitamin C, dan caffeic acids yang salah satu manfaatnya adalah dapat mengobat iritasi dan pembengkakan pada kulit, termasuk kulit bengkak akibat kantung mata.

Cara menghilangkan kantung mata dengan mentimun :
  1. sediakan mentimun yang sudah dicuci bersih
  2. iris menjadi beberapa bagian kecil / tipis
  3. tempelkan pada kedua kulit bengkak de sekitar mata atau bisa juga :
  4. sediakan mentimun yang sudah dicuci bersih
  5. haluskan dengan blender / parutan dan bungkus dengan kain tipis
  6. kompreskan pejamkan mata dan kompreskan mentimun yang sudah dihaluskan tersebut
  7. lakukan cara ini selama 10-15 menit, dan bersihkan dengan air
5. Kompres mata dengan kentang
Kentang ini biasanya dianjurkan dokter untuk dikonsumsi bagi mereka yang mengidap penyakit diabetes. Karena ketang merupakan salah satu jenis makanan rendah gula. Kentang juga mengandung asam sitrat dan asam fosfat yang bermanfaat untuk mengurangi peradangan pada kulit. Untuk cara pemakaiannya, hampir sama dengan melakukan kompres mata dengan menggunakan mentimun.

Cara menghilangkan Kantung Mata dengan kentang :
  1. Kupas kentang dan cucilah hingga benar-benar bersih
  2. haluskan dengan parut atau blender
  3. bungkus dengan kain bertektur halus dan tipis
  4. kompreskan pada kedua mata, dan diamkan selama 25-30 menit
  5. bilas bekas kompresan tersebut denga air hingga benar-benar bersih
6. Kompres mata dengan bengkoang
Dalam dunia kecantikan, bekoang ini sudah sejak dulu dipercaya dapat memutihkan dan menjaga kesehatan kulut. Bahkan pula perusahaan yang menjadikannya sebagai bahan dasar pembuatan produk kecantikan. Karena dalam bengkoang terkandung Vitamin C dan B1 yang dapat mengurangi dan menghilangkan kantungmata. Untuk cara pemakaian tidak beda jauh dengan cara-cara yang sudah dijelaskan diatas.

Cara menghilangkan Kantung Mata dengan bengkoang :
  1. Kupas bengkoang
  2. cuci hingga bersih
  3. haluaskan dengan blender atau parutan
  4. kompreskan / dijadikan maker pada arena kantung panda
  5. diamkan sekitar 10-15 menit
  6. bilas dengan air dingin hingga benar-benar bersih
  7. Tips Mencegah Kantung Mata
Disamping melakukan salas satu diatas dengan rutin maka lakukan juga pencegahan dibawah ini sebab jika tidak bisa saja anda harus menggunakan obat diatas lebih dari seminggu apalagi yang sudah lama .

1. Tidur yang cukup
Tadi mimin sudah jelaskan, bahwa salah satu penyebab timbulnya kantung mata adalah akibat dari kurang tidur. Untuk itu, mimin sarankan, mulai sekarang cukupilah waktu tidur kamu. Walaupun kerjaan masih numpuk, sebaiknya kamu jadwalkan untuk tidur lebih awal. Waktu tidur yang baik itu antara 6 - 8 jam. Lebih baik bangun pagi-pagi sekali daripada harus begadang. Usahakan tidur tidak lebih dari jam 9 malam, atau paling telat jam 10-an.

2. Tidur dengan kepala sedikit terangkat
Tidurlah dengan keadaan kepala yang sedikit terangkat. Tujuannya yaitu, memanfaatkan prisip gravitasi yaitu untuk mencegah cairan terakumulasi di sekitar mata saat kita tidur. Kamu bisa menggunakan bantal yang lebih tinggi atau menggunakan dua bantal sekaligus.

3. Hindari Dehidrasi
Untuk menghindaridehidrasi kamu bisa memperbanyak minum air putih minimal 8 gelas / hari. Tujuannya agar tubuh kamu tidak kekurangan cairan dan dapat terhindar dari dehidrasi dan kantung mata. 

Demikian Pembahasan Mengenai Penyebab Mata Panda dan Cara Menghilankan Mata Panda, Mudah bermanfaat dan terimakasih. 

Subscribe to receive free email updates:

Monetize your website traffic with yX Media