99 Manfaat Buah Carica untuk Kesehatan Tubuh Manusia Lengkap

Manfaat Buah Carica untuk Kesehatan | Bagi orang Indonesia tentu sebagian dari kita tidak mengenali apa itu buah Carica?. Buah Carica memang sulit kita dapatkan karena hanya bisa tumbuh didataran tinggi. Hal ini berarti bahwa buah Carica tumbuh di daerah yang memiliki dataran tinggi dan suhu dingin atau dipegunungan. Adapun manfaat buah carica untuk kesehatan itu sangat besar sehingga kita bisa menggunakannya untuk mengobati masalah kesahatan.

Buah Carica
Buah yang pertama kali didapatkan di Amerika ini, ternyata tumbuh di dataran tinggi Dieng, Wonosobo, Jawa Timur. Akan tetapi ada sebagian juga yang pernah menemukannya di daerah Bali. Karena hanya bisa tumbuh didataran tinggi Dieng maka buah ini sangat sulit untuk ditemukan dan kita tak mudah mendapatkannya di supermarket manapun. Buah yang mempunyai wujud seperti buah Pepaya ini mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh manusia.
Warga Dieng banyak yang telah membudidayakannya karena buah ini mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Jika anda sedang berada di dataran tinggi Dieng maka anda dapat melihat begitubanyak sekali pohon Carica yang sedang tumbuh di pinggir lahan petani. BUah ini memang hanya dapat tumbuh dan berkembang di wiliayah yang berada di ketinggian sekitar 1.500 – 3.000 mdpl saja sehingga sangat cocok untuk ditanam di dataran tinggi dieng yang sedang berada di ketinggian sekitar 2000 mdpl dimana memiliki suhu rata-rata mencapai sebesar 12 sampai 20 derajat Celcius di siang hari dan 6 sampai 10 derajat Celcius di malam hari. Secara fisik baik dari buah, daun dan pohon semuanya hampir mirip dengan buah pepaya pada umumnya akan tetapi semua dalam versi yang mini dan kecil.

Karakteristik Buah Carica Daeng

Pepaya Gunung atau Buah Carica Dieng memiliki bentuk bulat seperti telur yang mempunyai panjang sekitar 6 sampai 10 cm dan lebar 3 sampai 4 cm. Dengan ukuran yang mini, tentu tidak ada yang menyangka bahwa ternyata buah Carica sangat bermanfaat untuk kesehatan. Jika buah sudah matang maka bentuknya akan berubah menjadi bulat seperti telur tetapi sungsang dan mempunyai ukuran yang lebih besar dengan memiliki panjang sebesar 6 sampai 15 cm dan lebar 3 sampai 8 cm. Adapun teksture buah Carica yang sudah matang yakni berwarna kekuningan sampai jingga dengan memilik daging buah yang tergolong keras dan mempunyai banyak biji yang dibungkus oleh sarkotesta berair dan berwarna putih. Rasa buah Carica ini sendiri agak masam dan memiliki aroma yang tergolong harum. Banyak sekali manfaat buah Carica yang dapat diperoleh dari dagingnya dimana memiliki kandungan banyak vitamin.

Kandungan Vitamin Buah Carica

Buah ini djuluki sebagai buah para dewa oleh orang Dieng karena memang memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh yang tinggi. Selain daripada itu, Buah Carica juga mempunyai berbagai macam kandungan nutrisi yang sangat baik untuk kondisi tubuh seperti Enzim Papain yang tinggi, Vitamin B Kompleks, Vitamin C, Vitamin E, Vitamin A, Serat, Kalsium dan lain sebagainya. BUah Carica juga mempunyai enzim papain yang tergolong sangat tinggi seperti buah pepaya yang telah terbukti dapat membantu dalam melancarkan proses pencernaan karena dapat bekerja secara optimal diberbagai macam tingkat pH. vitamin A yang memiliki peran penting untuk kesehatan mata, vitamin B yang bermanfaat untuk sistem metabolisme tubuh, Vitamin C yang sangat bagus untuk kulit, Vitamin E yang dapat menjadi penangkal sinar ultra violet dan kalsium yang bermanfaat untuk kekuatan fisik.

Manfaat Buah Carica untuk Kesehatan Tubuh Manusia

manfaat-buah-carica
Adapun manfaat buah carica untuk kesehatan tubuh manusia dan berbagai macam faktor umum yang bisa kita manfaatkan disegala lini kehidupan maka mari kita menyimak informasinya dibawah ini:

Buah Carica sebagai Lahan Bisnis

Secara tidak langsung bahwa buah yang hanya bisa tumbuh di dataran tinggi ini dapat memberi lahan bisnis secara khusus untuk para warga yang sedang tinggal didaerah tersebut. Buah Carica mempunyai banyak fungsi sebagai bahan makanan karena bisa diolah menjadi banyak macamnya seperti manisan, keripik, dodol, sirup dan selai. Warga Wonosobo itu sendiri banyak yang telah membuat industri rumahan yang mengolah buah Carica dan sekaligus menjualnya.

Buah Carica untuk obat Kulit

Buah Carica juga mempunyai manfaat untuk mengobati penyakit kulit. Menurut keterangan warga Wonosobo bahwa buah Carica di Amerikan sana memang bisa dijadikan sebagai obat penyakit kulit. Akan tetapi di Wonosobo memang belum ada yang bisa mengolahnya menjadi obat penyakit kulit karena keterbatasan ilmu pengetahuan.

Buah Carica untuk Skin Care dan kosmetik

Tidak hanya dijadikan sebagai obat kulit, ternyata buah Carica juga bisa membentuk kolagen dalam tubuh, sehingga buah ini akan menjadi bahan pembuat skin care dan kosmetik. Kolagen yang telah dihasilkan bisa membuat kulit menjadi mulus dan terhindar dari adanya penuaan dini seperti menghindari kerutan pada tubuh maupun wajah. Dengan mengonsumsi secara rajin dan rutin maka tentu saja akan berpengaruh besar terhadap kulit kita.

Buah Carica memberikan Kesegaran

Buah Carica yang sudah diolah atau juga belum diolah memberikan kesegaran pada tubuh karena mempunyai rasa yang sangat nikmat. Buah Carica yang belum diolah memang tak senikmat yang telah diolah karena rasanya yang asam. Kebanyak memang sangat menyukai buah Carica yang telah diolah.

Buah Carica Melancarkan Pencernaan

Sama dengan buah yang lainnya, bahwa buah Carica memiliki kandungan vitami C dan serat yang tergolong tinggi dimana mempunyai manfaat untuk melancarkan pencernaan dalam tubuh. Warga Wonosobo telah memakan buah ini secara mentah dan rutin sebagai bahan asupan untuk melancarkan sistem pencernaan mereka.

Buah Carica untuk Membersihkan usus

Karena bisa untuk melancarkan pencernaan maka berarti buah Carica juga bermanfaat untuk membersihkan organ usus secara alami sehngga dapat menghilangkan bakteri jahat karena dapat menyeimbangkan keasaman atau pH pada usus kita.

Buah Carica untuk menyehatkan mata

Buah Carica juga bisa untuk menyehatkan mata karena memiliki kandungan vitamin A. Banyak yang beranggapan bahwa Vitamin A yang tersedia di Wortel, akan tetapi buah Carica juga bisa dijadikan asupan untuk menggantikan wortel supaya mata tetap sehat. Khususnya untuk anda yang tidak senang dengan wortel.

Buah carica untuk menghilangkan rabun Senja

Orang Wonosobo percaya bahwa buah Carica juga bisa menghilangan penyakit rabun senja sama dengan manfaat vitamin A yang mampu mengobati rabun senja sampai sembuh.

BUah Carica untuk Menambah Metabolisme

Buah Carica juga mempunyai manfaat untuk meningkatkan metabolisme dalam tubuh. Dengan adanya kandungan nutrisi serat dan vitamin serta kalsium maka dapat membantu tubuh mendapatkan fisik yang lebih kuat dan senantiasa terhindar dari bakteri dan virus. Khususnya karena adanya keberadaan vitamin B Kompleks.

Buah Carica Memberikan Kehangatan

Di Amerika, buah CArica juga mempunyai manfaat untuk menghangatkan tubuh. MEreka mengolah buah tersebut untuk dijadikan sebagai minuman beralkohol. Menurut mereka bahwa rasa minuman yang beralkohol dari buah ini sangatlah nikmat. Akan tetapi di Indonesia masih belum ada yang bisa mengolahnya menjadi minuman yang beralkohol.
Demikianlah informasi tentang MAnfaat BUah Carica untuk kesehatan tubuh manusia. Semoga saja informasi ini dapat memberikan manfaat kepada anda yang sedang membutuhkan informasi sebelum mencoba Buah Carica.

Kandungan Gizi Buah Carica

Subscribe to receive free email updates:

Monetize your website traffic with yX Media